5 Fakta Sekolah di Amerika Abad 19: Guru Menginap di Rumah Siswa

Fakta Sekolah di Amerika Abad 19

Pendidikan telah berkembang pesat selama bertahun-tahun, dan melihat kembali bagaimana sekolah dijalankan pada abad ke-19 bisa menjadi hal yang sangat menarik. Dalam artikel ini, kita akan mengupas Fakta Sekolah di Amerika Abad 19 pada tahun 1800-an, dengan fokus pada praktik guru unik yang menginap di rumah siswa.

1. Keterbatasan Fasilitas Sekolah

Pada tahun 1800-an, sekolah di Amerika sangat berbeda dengan lembaga pendidikan modern yang kita kenal sekarang. Banyak sekolah berukuran kecil dan memiliki sumber daya yang terbatas. Mereka sering beroperasi di gedung satu ruangan, menampung siswa dari berbagai usia dan tingkat kelas.

2. Kualifikasi Guru

Kualifikasi guru tidak seketat sekarang. Di daerah pedesaan, guru biasanya hanya mengenyam pendidikan dasar. Mereka sering kali masih muda dan belum menikah, karena mengajar dianggap sebagai profesi sementara bagi banyak perempuan sebelum menikah.

3. Terkadang Guru Tinggal Bersama Keluarga Siswa

Guru terkadang ikut tinggal bersama keluarga siswanya. Praktik ini menurut Michael Day dari Country School Association of America disebut dengan ‘boarding round’ yang berjalan setiap minggu. Sebuah cerita terkait praktik ini ditulis oleh seorang guru di Wisconsin pada tahun 1851, yang berbunyi:

Saya merasa sangat tidak menyenangkan terutama selama musim dingin dan musim semi. Selama satu minggu saya akan menginap di tempat yang nyaman, tetapi minggu berikutnya kamarku sangat terbuka sehingga salju bisa masuk. Di sebagian tempat, saya bisa merasakan sprei dari flanel untuk tidur tetapi lainnya kapas. Bagian yang paling tidak menyenangkan dari hal ini adalah berjalan melewati salju dan udara. Saya sangat menderita karena pilek dan batuk .”

4. Manfaat Guru Asrama

Praktek guru yang asrama dengan siswa mempunyai beberapa keuntungan. Pertama, hal ini memungkinkan guru untuk lebih dekat dengan siswa dan keluarga mereka, sehingga membina ikatan yang lebih kuat di antara mereka. Kedua, menyediakan tempat tinggal bagi para guru karena sekolah sering kali tidak memiliki tempat tinggal khusus untuk mereka.

5. Tingkat Tertinggi Adalah Kelas Depalan

Seperti saat ini, untuk bisa lulus dari sekolah siswa harus lulus dari ujian akhir. Ujian akhir ini berada di kelas delapan atau kini berada di jenjang SMP. Itulah keadaan sekolah pada tahun 1800-an di Amerika Serikat. Jadi, siswa jangan sia-siakan pendidikanmu yang baik saat ini ya!

Itulah Fakta Sekolah di Amerika Abad 19, sekolah-sekolah di Amerika pada abad ke-19 sangat berbeda dengan institusi pendidikan yang kita kenal sekarang. Praktik guru yang bermalam di rumah siswa merupakan aspek unik dalam sekolah pada masa itu. Hal ini memungkinkan terjadinya hubungan yang lebih erat antara guru dan siswa, namun juga menghadirkan tantangan bagi guru. Memahami sejarah pendidikan membantu kita menghargai kemajuan yang telah kita capai dalam menyediakan pendidikan berkualitas untuk semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *