Potret Gerakan Sekolah Sehat di SDN Sumbar dengan Permainan Tradisional

SDN Sumbar dengan Permainan Tradisional

Sekolah merupakan lingkungan yang sangat penting dalam membentuk kebiasaan hidup sehat pada anak-anak. Salah satu cara yang dilakukan SDN Sumbar dengan permainan tradisional dalam meningkatkan kegiatan belajar mengajar.

Gerakan sekolah sehat bertujuan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan siswa melalui pendidikan dan promosi gaya hidup sehat. Pada hal ini, SDN Sumbar memilih permainan tradisional sebagai sarana untuk mengajarkan nilai-nilai sehat kepada siswa.

Permainan tradisional memiliki banyak manfaat bagi perkembangan fisik dan mental anak-anak. Selain itu, permainan tradisional juga mengajarkan nilai-nilai sosial seperti kerjasama, komunikasi, dan sportivitas.

Salah satu permainan tradisional yang sering dimainkan di SDN Sumbar adalah congklak. Congklak adalah permainan yang melibatkan dua pemain atau lebih dengan menggunakan papan dan biji-bijian. Permainan ini tidak hanya menyenangkan, tetapi juga melatih konsentrasi, strategi, dan motorik halus anak-anak.

Selain congklak, SDN Sumbar juga mengajarkan permainan tradisional lain seperti gasing, egrang, dan petak umpet. Semua permainan ini memiliki manfaat yang sama dalam meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan siswa.

Dampak Memainkan Permainan Tradisonal

Permainan tradisional juga menjadi sarana untuk mengurangi penggunaan teknologi yang berlebihan pada anak-anak. Di era digital seperti sekarang ini, banyak anak-anak yang lebih memilih bermain game di gadget daripada bermain di luar rumah. Dengan mengenalkan permainan tradisional, SDN Sumbar berharap anak-anak dapat lebih aktif bergerak dan mengurangi paparan radiasi dari gadget.

Gerakan sekolah sehat di SDN Sumbar tidak hanya fokus pada permainan tradisional, tetapi juga melibatkan kegiatan olahraga, pemeriksaan kesehatan rutin, dan penyuluhan gizi. Semua kegiatan ini dilakukan secara terintegrasi untuk menciptakan lingkungan sekolah yang sehat dan mendukung pertumbuhan dan perkembangan siswa.

Tak hanya itu, SDN Sumbar juga mengajak orang tua siswa untuk ikut serta dalam gerakan sekolah sehat. Orang tua diundang untuk ikut serta dalam kegiatan olahraga bersama, mengikuti penyuluhan gizi, dan mendukung kegiatan sekolah yang mendukung kesehatan anak.

Gerakan sekolah sehat di SDN Sumbar telah memberikan dampak positif bagi siswa dan lingkungan sekolah. Siswa menjadi lebih aktif, sehat, dan memiliki pemahaman yang baik tentang pentingnya menjaga kesehatan. Lingkungan sekolah juga lebih sehat dan mendukung pertumbuhan dan perkembangan siswa.

Dengan melihat potret gerakan sekolah sehat di SDN Sumbar dengan permainan tradisional, diharapkan sekolah-sekolah lain dapat mengadopsi metode ini untuk menciptakan lingkungan sekolah yang sehat dan mendukung tumbuh kembang siswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *